Alasan Mistik Soekarno Tentang Angka Keramat 17

Berita24Online Alasan Mistik Soekarno Tentang Angka Keramat 17 – Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 ternyata menyimpan kisah mistik Soekarno yang menarik untuk ditelusuri lebih dalam. Berdasarkan yang telah dikutip dari buku 18-8-45 , Fakta , Drama , Misteri yang ditulis oleh Hendri F. Isnaeni , Soekarno mengakui sudah merencanakan Proklamasi tanggal 17 Agustus 1945.

Alasan Mistik Soekarno Tentang Angka Keramat 17 – Mengapa dipilih tanggal 17? Aku percaya pada mistik,” Ungkap Soekarno. Kisah ini berawal dari pertemuan antara Soekarno dengan dua tokok pemuda saat itu yang ingin kemerdekaan Indonesia segera diproklamasikan , yakni Wikana dan Darwis , pada 15 Agustus 1945. Dalam pertemuan itu , keduanya menanyakan Soekarno sebagai pemimpin rakyat ketika Jepang sudah menyerah. Namun , Soekarno belum memercayai penyerahan Jepang sebelum pihak resmi menyampaikan berita itu.

Alasan Mistik Soekarno Tentang Angka Keramat 17 – “Mengapa tidak rakyat kita sendiri yang menyatakan kemerdekaan kita? Mengapa bukan rakyat kita yang memproklamirkan kemerdekaan kita itu?” tanya mereka. “Hal ini tidak dapat saya putuskan , tetapi harus lebih dahulu saya rembukkan dengan teman-teman yang lainnya, dan saya harus juga lebih dahulu mendengarkan keterangan resmi tentang penyerahan Jepang itu dan bagaimana lain-lain kelanjutannya yang berhubungan dengan kemerdekaan kita,” jawab Soekarno.

Berita TerkiniBerita Hari IniBerita TerakuratBerita Online Terpercaya

Dalam percakapan itu , Soekarno mengatakan dirinya sudah merencanakan Proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 , sejak berada di Saigon. Soekarno tidak dapat menerangkan secara masuk akal terkait pemilihan tanggal 17. Ia hanya mengatakan angka 17 adalah angka suci dan keramat. “Tetapi aku merasakan didalam relung hatiku bahwa dua hari lagi adalah saat yang baik,” Ucap Soekarno.

Alasan Mistik Soekarno Tentang Angka Keramat 17 – Dalam penanggalan Jawa, 17 Agustus 1945 jatuh pada hari Jumlah Legi. Kata Legi dalam bahasa Jawa artinya manis. Kemudian Soekarno mengaitkan tanggal 17 dengan peristiwa diturunkannya Al Quran. Selain itu juga , Soekarno juga menghubungkan tanggal 17 dengan perintah Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam untuk bersembahyang 17 rakaat dalam sehari.

“Mengapa Nabi Muhammad memerintahkan 17 rakaat , bukan 10 atau 20? Karena kesucian angka 17 bukanlah buatan manusia” tuturnya. Menurut Soekarno , saat mendengar berita penyerahan Jepang , ia menyadari bahwa takdir Tuhan tentang peristiwa Proklamasi akan jatuh pada hari keramat-Nya.

Gagalnya Proklamasi 15 Agustus

Alasan Mistik Soekarno Tentang Angka Keramat 17 – Meskipun demikian , penulis memprediksi bahwa kemungkinan gagasan “angka keramat 17” tidak muncul ketika Soekarno berhadapan dengan Wikana dan Darwis. Proklamasi terjadi pada 17 Agustus 1945 karena Soekarno dan Hatta tidak mempan didesak oleh para pemuda. Para pemuda ingin agar Soekarno-Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan pada 15 Agustus 1945 dan tidak melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Soekarno dan Hatta beralasan , Jepang sudah mengambil keputusan untuk memerdekakan Indonesia. Kemudian pada tanggal 16 Agustus 1945 , PPKI yang diketuai Soekarno akan bersidang melaksanakan kemerdekaan itu , mengesahkan rencana Undang-Undang Dasar yang telah disiapkan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) , dan memilih kepala pemerintahan di pusat dan daerah.

Alasan Mistik Soekarno Tentang Angka Keramat 17 – Sesudah itu , anggota PPKI pulang ke daerah masing-masing untuk menyusun kekuatan rakya tdan mempertahankan kemerdekaan itu dari serangan Sekutu. Namun, para pemuda memandang semuanya itu tidak perlu karena akan menggambarkan kemerdekaan Indonesia adalah buatan Jepang. Mereka ingin Indonesia buatan sendiri. Oleh sebab itu , mereka mendesak Soekarno harus memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 15 Agustus 1945 malam. Perundingan sektika macet dan rapat juga harus diputuskan bubar.

Ikuti terus perkembangan berita dunia saat ini dan banyak berita menarik lainnya yang bisa kalian dapatkan. Buruan like dan comment semua berita yang ada pada artikel yang kami berikan ini. Comment dan share serta like kalian akan bisa membantu kami dalam memberikan berita online terpercaya yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.